CCNA

Cisco Certified Network Associate.

Setelah mengikuti 4 semester CNAP (Cisco Networking ACademy Programme) di Bina Nusantara (BINUS) Center, maka saya harus mengikuti ujian final untuk mendapatkan setifikasi keahlian Cisco yang pertama yaitu CCNA. Maka tepat tanggal 12 Februari 2011, saya mengikuti ujian Final tersebut di Binus Center, Syahdan. Saat itu yang ikut hanya 2 orang. Saya bersama dengan 1 peserta lainnya.

Jenis-jenis soalnya mulai dari multiple choice, drag n drop, hingga konfigurasi dalam sebuah skenario. Saya lupa berapa total pertanyaannya, kalau tidak salah sekitar 70 – 80 soal, yang semuanya dalam Bahasa Inggris. Jadi buat teman-teman yang ingin mengikuti ujian ini, pastinya mesti menguasai Bahasa Inggris, yaa ga perlu hebat-hebat amat sih (sama seperti saya yang tahunya bahasa kampung, hahahaaaa), setidaknya tahu istilah2 networking, dah mantep itu.. Dan akhirnya saya bersyukur bisa lulus dan mendapatkan “gelar” CCNA. Anderson Padita, S.Kom., CCNA (biar kerenan dikit , haha).

Buat saya pribadi, lebih sulit ujian per semester di CNAP dibandingkan ujian finalnya. Karena ujian semester di CNAP merupakan gabungan dari ujian teori (yang lebih detail dan mendalam), ujian praktek (yang langsung colok sana sini kabel, sambungin ke perangkat-perangkatnya, hingga menkonfigurasi sesuai dengan skenario yang diberikan) hingga yang paling mendebarkan adalah ujian oral, dimana Trainer CIsco akan langsung face to face dengan peserta menanyakan seputar materi Cisco di tiap semesternya. Juga ujian praktek kita akan dibuatkan grup, paling banter 2-3 orang per grup dan diberikan skenario ataupun trouble shooting networking yang sudah exist.
Yang pasti CCNA merupakan salah satu sertifikasi Networking/Jaringan yang cukup diakui di kalangan Profesional IT dunia. Untuk kemudian berjenjang dalam karier IT.
I hope so… (nyengir …. hahaha)

Leave a Reply

